Sarana Teknis » Kalibrasi

KALIBRASI PERALATAN METEOROLOGI


Sub bidang Kalibrasi Peralatan Meteorologi mempunyai tugas melakukan penyusunan tata cara tetap kalibrasi, standarisasi, dan spesifikasi peralatan standar dan kalibrator, serta pelaksanaan inventerisasi, monitorting dan evaluasi, pengadaan, perbaikan dan pemiliharaan peralatan kalibrator dan pelaksanaan di bidang kalibrasi perlatan operasional di bidang meteorologi.

Laboratorium PUSINKAL BMKG adalah Laboratorium Kalibrasi yang merupakan bagian dari Pusat Instrumentasi, Rekayasa, dan Kalibrasi, dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Laboratorium Kalibrasi ini telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional, sehingga dengan demikian metode kerja, dokumentasi dan sebagainya yang berhubungan dengan kalibrasi beserta peralatan kalibrator dan peralatan standarnya telah mengikuti dan tertelusur ke standar internasional.

Laboratorium PUSINKAL BMKG selalu berusaha untuk meningkatkan efektifitas sistem manajemen secara berkelanjutan melalui penggunaan kebijakan mutu, sasaran mutu, hasil audit, analisis data, tindakan perbaikan dan pencegahan serta kaji ulang manajemen.

KEBIJAKAN MUTU LABORATORIUM PUSINKAL BMKG

  1. Memberikan jasa kalibrasi secara profesional dan pelayanan prima kepada pelanggan.
  2. Menerapkan persyaratan ISO/IEC 17025:2005, dan meningkatkan efektifitas sistem manajemen secara berkelanjutan.
  3. Melakukan peningkatan secara terus menerus.
  4. Seluruh personil memahami dokumentasi mutu, menerapkan kebijakan dan prosedur dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab untuk meyakinkan pelanggan bahwa kontribusinya efektif dan memuaskan.

 

SASARAN MUTU

  1. Kebijakan Mutu Laboratorium PUSINKAL BMKG direalisasikan dengan menetapkan sasaran mutu yang programnya dibuat setiap tahun .
  2. Sasaran Mutu ini ditetapkan pada saat pertemuan rapat kaji ulang manajemen.
  3. Sasaran Mutu yang ditetapkan mengacu kepada kebijakan mutu dan menetapkan program serta target yang harus dicapai dalam nilai kuantitatif.

 

Berikut ini adalah beberapa peralatan kalibrator yanga ada pada Lab PUSINKAL Meteorologi BMKG.

WIND TUNNEL

Alat yang berupa tunnel atau terowongan ini berfungsi sebagai tempat untuk mengkalibrasi sensor-sensor atau alat-alat pengukur kecepatan angin, seperti Anemometer, Cup Counter, dan lain-lain.

Adapun prinsip kerja dari alat ini adalah penggunakan motor penghisap, dimana motor tersebut digunakan untuk menghisap udara dari luar dan dialirkan melalui tunnel serta melewati sensor yang akan dikalibrasi. Adapun kecepatan aliran angin bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.


TEMPERATURE TEST CABINET

Alat yang berbentuk cabinet ini berfungsi sebagai tempat dimana sensor-sensor atau alat-alat pengukur suhu udara, seperti thermograph, thermometer, Pt.100, dll. dapat dikalibrasi.

Dalam prinsip kerjanya, alat ini menggunakan refrigrator sebagai media pendingin dan heater sebagai pemanas. Didalam Chamber ini juga menggunakan kipas yang berguna untuk menstabilakn suhu didalamnya. Pengaturan suhu diatur dengan menggunakan touch panel yang diubah sesuai dengan kebutuhan.


PRESSURE CHAMBER

Berfungsi sebagai tempat melakukan kalibrasi peralatan pengukur tekanan udara, seperti barometer air raksa, barograph dan aneroid. Sebagai alat pembanding digunakan sebuah barometer air raksa type test barometer.

Prinsip kerja alat ini adalah perubahan besar tekanan udara didalam test chamber dilakukan melalui pompa pressure/vacuum dengan terlebih dahulu mengatur posisi valve/katup sesuai dengan proses yang hendak dilaksanakan sedemikian sehingga tekanan udara di dalam chamber mencapai besaran tekanan yang diinginkan.

HUMIDITY TEST CABINET

Peralatan kalibrator ini merupakan tempat dimana sensor-sensor atau alat-alat pengukur kelembaban udara, seperti thermohygrograph, higrometer, dll. dapat dikalibrasi.

Prinsip kerja kalibrator ini menggunakan heater sebagai pemanas. Didalam Chamber ini juga menggunakan kipas yang berguna untuk menstabilkan kelembaban udara didalamnya. Pengaturan kelembaban diatur dengan menggunakan panel yang diubah sesuai dengan keinginan.



::: @xf


  » Informasi terkait lainnya...

KALIBRASI PERALATAN METEOROLOGI [12/11/2010]
Sub bidang Kalibrasi Peralatan Meteorologi mempunyai tugas melakukan penyusunan tata cara tetap kalibrasi, standarisasi, dan spesifikasi peralatan standar dan kalibrator, serta pelaksanaan inventerisasi, monitorting dan evaluasi, pengadaan, perbaikan dan pemiliharaan peralatan kalibrator dan pelaksanaan di bidang kalibrasi perlatan operasional di bidang meteorologi.


KALIBRASI PERALATAN KLIMATOLOGI DAN KUALITAS UDARA [12/11/2010]
Tujuan dilakukan nya proses kalibrasi adalah untuk mempertahankan keakuratan dari data pengamatan yang dihasilkan sehingga mendapatkan nilai simpangan (deviasi) dari alat-alat pengamatan iklim di stasiun-stasiun Klimatologi Badan Meteorologi dan Geofisika. Hasil kalibrasi kemudian dapat dijadikan acuan untuk melakukan set ulang peralatan pengamatan tersebut sehingga dapat kembali ke posisi standart. Namun apabila alat tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan set ulang, maka dapat direkomendasikan untuk dilakukan penggantian peralatan pengamatan tersebut.


KALIBRASI GEOFISIKA [12/11/2010]
Subbidang Kalibrasi Peralatan Geofisika mempunyai tugas melakukan penyusunan tata cara tetap kalibrasi, standarisasi, dan spesifikasi peralatan standar dan kalibrator, serta pelaksanaan inventerisasi, monitoring dan evaluasi, pengadaan, perbaikan dan pemiliharaan peralatan kalibrator dan pelaksanaan di bidang kalibrasi perlatan operasional di bidang geofisika



Prakiraan Cuaca Indonesia

20 April 2014

Medan

Hujan Ringan
23 - 34 °C

Samarinda

Hujan Ringan
25 - 33 °C

Manado

Berawan
23 - 32 °C

Jayapura

Hujan Sedang
23 - 32 °C

Denpasar

Hujan Ringan
23 - 32 °C

Jakarta

Hujan Sedang
24 - 34 °C
Selengkapnya

Prakiraan Cuaca Indonesia

20 April 2014

Padang

Hujan Sedang
23 - 31 °C

Pontianak

Hujan Ringan
23 - 33 °C

Makassar

Hujan Ringan
24 - 33 °C

Ambon

Hujan Ringan
24 - 31 °C

Yogyakarta

Hujan Ringan
23 - 32 °C

Surabaya

Hujan Ringan
24 - 33 °C
Selengkapnya

Gempabumi Terkini Mag ≥ 5.0 SR

20-Apr-14 15:43:48 WIB


Lokasi : 0.54 LU-98.26 BT
Kedalaman : 10 Km
50 km Tenggara NIASSELATAN-SUMUT
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika 2010 - 2012 | Hak cipta dilindungi undang-undang
Kantor Pusat : Jl. Angkasa 1 No.2, Kemayoran, Jakarta Pusat - Indonesia , Telp. +62-21-4246321