Lain Lain » Artikel

AKTIVITAS GEMPABUMI TEKTONIK DI YOGYAKARTA MENJELANG ERUPSI MERAPI 2010


Daryono, S.Si.,M.Si.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
E-mail:daryonobmg@gmail.com

ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peningkatan aktivitas gempabumi tektonik di DaerahYogyakarta dengan erupsi Merapi 2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah parameter gempabumi di Dareah Yogyakarta dan sekitarnya selama periode Januari sampai November 2010 hasil pemantauan jejaring gempabumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan bulan sebelum letusan Gunung Merapi 2010 terjadi peningkatan aktivitas seismik yang sangat signifikan di Daerah Yogyakarta. Ada sekitar 23 kejadian gempabumi terjadi di zona sesar aktif yang berarah Baratdaya-Timurlaut di sebelah timur Graben Bantul, lima di antaranya merupakan gempabumi dirasakan (felt earthquake) hingga menimbulkan kerusakan ringan. Aktivitas kegempaan regional yang sangat aktif ini serta kondisi tektonik yang aktif dan kompleks menjadikan Merapi sebagai salah satu gunungapi paling aktif di dunia.

Kata kunci:Gempabumi tektonik, Yogyakarta, erupsi Merapi

::: @xf


  » Informasi lainnya...

KEUNEUNONG, Potensi Peringatan Dini Cuaca Ekstrim dan Iklim Ala adat Masyarakat Aceh [16/4/2014]
Bencana Alam memang tidak dapat ditolak namun manusia hanya dapat berusaha dengan melakukan berbagai cara untuk meminimalisir jumlah korban baik jiwa dan harta benda dari dampak suatu bencana. Data BNPB menyebutkan dari seluruh bencana alam yang menimpa negara kita diawal tahun 2014 ini, sebagaian besar atau mencapai 80% nya adalah bencana hydrometeorologi yaitu banjir. Kerugian akan harta benda mencapai triliunan rupiah tiap tahunnya, serta ratusan nyawa melayang, dan ribuan orang menjadi pengungsi. Terhitung dari data yang berhasil dikumpulkan sejak tahun 1998 s/d 2013 terdapat 262 kejadian banjir yang tersebar di seluruh kabupaten kota dalam propinsi Aceh, menurut sumber BNPB 254 kejadian, dan sejak 1976 kejadian dan jumlah korban akibat banjir meningkat tiap tahunnya.


Hasil Penelitian Puslitbang BMKG Udara Siak Riau Sudah Tidak Berbahaya [11/4/2014]
Status tanggap darurat asap di Riau berakhir secara resmi sejak Jumat, 4 April 2014 dan Satuan Tugas Operasi Terpadu dikembalikan kepada Gubernur Riau. Pernyataan ini disampaikan oleh Syamsul Maarif, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Komandan Satgas Operasi Terpadu, pada upacara peralihan masa transisi tanggap darurat ke masa pemeliharaan kondisi pasca penanggulangan bencana asap Riau, di Lanud TNI Roesmin Nurjadin.


Menyongsong Sidang RA V WMO ke16 [6/4/2014]
Meningkatnya kiprah BMKG di tingkat nasional maupun internasional telah meningkatkan kepercayaan lembaga-lembaga internasional yang bergerak di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika, salah satu di antaranya adalah WMO (World Meteorological Organization). Pada kurun waktu 4 tahun terakhir BMKG banyak ditunjuk sebagai penyelenggara berbagai seminar, workshop, training serta sidang WMO dan pada tahun-tahun mendatang tampaknya akan lebih meningkat lagi. Kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja menambah kesibukan dan semangat seluruh jajaran BMKG yang dikomandani oleh Kepala BMKG yang baru, Dr. Andi Eka Sakya dan dibantu oleh seluruh jajaran eselon I BMKG yang hampir semuanya juga baru.


MENJADI PRESENTER ONLINE Bag3 [28/3/2014]
Setelah mengetahui apa dan bagaimana menjadi presenter on-line dan mempelajari tips dan trik untuk membuat presentasi tersebut menjadi efektif dan menyenangkan, kini giliran menyimak kesan dan pendapat dari para presenter on-line, baik yang pemula maupun yang telah berpengalaman, baik di bidang pendidikan dan pelatihan maupun meteorologi


FENOMENA AUTOMATION ADDICTION PADA FORECASTER [25/3/2014]
Hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 sampai saat ini masih menjadi misteri. Berbagai analisis telah diuraikan di media mulai dari faktor cuaca, teknis pesawat, psikologi pilot sampai dengan pembajakan. Namun semua itu belum ada analisis yang mengerucut karena data yang diperoleh sangat sedikit. Hanya satu informasi yang seragam yaitu yang menyebutkan bahwa kondisi cuaca pada rute penerbangan saat itu cukup baik.


Jangan Menggantang Asap [22/3/2014]
BENCANA asap kebakaran hutan yang terus terjadi setiap tahun seakan sudah jadi rutinitas festival tahunan. Instrumen politik dan hukum seakan tidak berdaya untuk mengurangi pola tahunan yang terus terjadi ini. Sementara itu, dampak kerugian yang ditimbulkan sudah sangat dirasakan oleh masyarakat lokal. Beberapa argumen sering disampaikan mengapa pembersihan lahan dengan pembakaran terus terjadi. Pertama, teknik serupa dilakukan turun-temurun. Kedua, merupakan teknik pembersihan lahan paling murah. Ketiga, menyuburkan lahan setelah dibakar. Mari kita uji kebenaran berbagai argumen tersebut.


PERANAN CUACA DAN IKLIM DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI [15/3/2014]
Besok hujan atau tidak ya? Tahun ini musim penghujan mulai bulan apa ya? Kira-kira pertanyaan umum seperti itu yang sering muncul di masyarakat perihal cuaca dan iklim. Selain pertanyaan seperti itu ternyata peranan cuaca dan iklim sangatlah luas,termasuk untuk menentukan perkembangan ekonomi regional maupun nasional.


Hujan di Riau [15/3/2014]
Secara klimatologis wilayah Riau, pada bulan Maret dan April merupakan puncak hujan kedua,Riau mempunyai pola hujan type equatorial dimana terdapat dua puncak hujan dalam periode musim. Saat ini kondisi atmosfer tidak mendukung untuk terjadi pertumbuhan awan-awan hujan, dikarenakan adanya asap yang tebal. Adanya Asap tebal ini mengganggu ikatan molekul partikel uap air,sehingga uap-uap air tersebut sulit untuk mengumpul menjadi satu yang disebut dalam bentuk awan. Partikel uap air dapat bergerak secara vertikal dan horizontal, untuk partikel uap air (massa udara) yang bergerak secara horizontal dibawa oleh angin dengan energi kinetiknya dan kecepatan yang dimilkinya akan bergerak kemana saja sesuai dengan arah anginnya. Untuk partikel uap yang bergerak secara vertikal tergantung keadaan atmosfernya apabila dalam kondisi labil maka sangat mudah untuk bergerak dari suatu ketinggian ke ketinggian di atasnya


PELUANG HUJAN DI RIAU [5/3/2014]
Sejak tanggal 02 Maret 2014 hingga pagi hari ini tanggal 05 Maret 2014, Riau sudah diguyur hujan, dengan intensitas bervariasi mulai dari ringan hingan lebat, meskipun hujannya belum merata diseluruh lokasi titik apinya, setidaknya sudah ada indikasi akan turun hujan terus menerus sepanjang minggu ini


MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN INFORMASI CUACA [3/3/2014]
Seperti kita ketahui bahwa Undang-undang nomor 31 tahun 2009 merupakan peraturan tentang penyelenggaraan meteorologi, klimatologi dan geofisika (MKG), dalam hal ini yang diatur bukan tentang proses ilmiahnya akan tetapi mengatur bagaimana setiap penyelenggaraan meteorologi, klimatologi dan geofisika baik yang dilaksanakan oleh BMKG maupun selain BMKG, sehingga penyelenggaraannya benar-bemar dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan memenuhi kebutuhan pengguna informasi MKG serta menjamin kepastian hukumnya. Dengan demikian akan terwujud penyelenggaraan MKG yang terpadu.



Prakiraan Cuaca Indonesia

18 April 2014

Medan

Hujan Ringan
23 - 34 °C

Samarinda

Hujan Ringan
25 - 32 °C

Manado

Hujan Ringan
24 - 31 °C

Jayapura

Hujan Sedang
23 - 32 °C

Denpasar

Hujan Ringan
25 - 32 °C

Jakarta

Hujan Sedang
24 - 33 °C
Selengkapnya

Prakiraan Cuaca Indonesia

18 April 2014

Padang

Hujan Ringan
23 - 31 °C

Pontianak

Berawan
23 - 33 °C

Makassar

Hujan Ringan
23 - 32 °C

Ambon

Hujan Sedang
24 - 31 °C

Yogyakarta

Hujan Ringan
23 - 32 °C

Surabaya

Hujan Ringan
24 - 34 °C
Selengkapnya

Gempabumi Terkini Mag ≥ 5.0 SR

18-Apr-14 22:07:13 WIB


Lokasi : 9.19 LS-110.38 BT
Kedalaman : 40 Km
138 km BaratDaya GUNUNGKIDUL-DIY
tidak berpotensi TSUNAMI
Selengkapnya


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika 2010 - 2012 | Hak cipta dilindungi undang-undang
Kantor Pusat : Jl. Angkasa 1 No.2, Kemayoran, Jakarta Pusat - Indonesia , Telp. +62-21-4246321